Selasa, 09 Mei 2023

Cara mengecek visa Umroh / Haji

https://visa.mofa.gov.sa/visaservices/searchvisa 

 Ada kalanya  kita sulit tidur ketika esok kita akan bepergian jauh,  terlebih lagi berumroh / berhaji. rasa gembira campur gundah-gelisah seperti menyertai kita sepanjang penantian.

Besok akan tiba masanya kita bertemu dengan baitullah, tentulah bukan sembarang perasaan. Mata ini akan melihat langsung rumah Allah tanpa terhalang apapun, kaki ini akan menyentuh langsung tempat thawaf, tangan ini akan menyentuh ka’bah...

Terkadang rasa bahagia itu mengaburkan pertimbangan, kewaspadaan kita seperti berkurang. Dibalik rencana kepergian umroh/haji kita, ada hal yang tidak ada salahnya kita cek-ricek sebelumnya, agar umroh/haji kita berjalan lancar. Salah satunya adalah cek validitas/keabsahan visanya .

berikut contoh kasus visa palsu yg bisa kita ambil hikmahnya  : https://news.detik.com/berita/d-6162752/ini-9-kejanggalan-visa-palsu-46-calon-haji-yang-dideportasi-saudi

Visa umroh/haji sudah berbentuk e-visa bukan lagi berupa stiker yg ditempel dipaspor, pengecekan validitasnya sudah menggunakan cara digital/elektronik, cara mengeceknya pun cukup mudah, bisa dengan menggunakan komputer ataupun HP yang biasa kita pegang sehari-hari, salah satu caranya adalah :

  1. Minta copy visa dari biro Umroh/Haji tempat kita akan berangkat
  2. Buka aplikasi internet browser seperti safari atau google
  3. Masuk ke alamat https://visa.mofa.gov.sa/visaservices/searchvisa
  4. Masukan keterangan secara teliti sesuai dengan yg ada pada lembar visa sebagai berikut :
    1. Nomor Visa
    2. Nomor Paspor
    3. Kewarganegaraan
    4. Capcha sesuai dengan gambar disampingnya
    5. Tekan tombol pencarian
  5. Hasilnya akan segera terlihat, jika visa tersebut benar/valid/sah maka akan mucul keterangan sesuai dengan visa yg diberikan oleh biro Umroh/Haji tempat kita akan berangkat.
  6. jika tidak  muncul  atau keterangan data tidak ditemukan,  ada kemungkinan visa tersebut palsu. Konfirmasi ulang kepada biro Umroh/Haji tentang hal tersebut.

Tanpa visa yang valid, perjalanan umroh kita bisa saja batal karena tidak diizinkan masuk ke  Saudi Arabia.

Masukan keterangan/data dengan teliti, pastikan semua diisi degan benar.

 

akan muncul halaman "cetak visa" jika data yang dimasukan benar

notifikasi ini akan muncul jika salah memasukan data, atau datanya palsu

Selain urusan visa, ada bayak hal bisa menyebabkan perjalaan umroh kita terhalang, diantaranya ; data yang tidak sesuai antara paspor, tiket pesawat dan visa. Adapula yang gagal berangkat karena masalah keimigrasian seperti pernah dideportasi oleh imigrasi Saudi Arabia karena overstay (melebihi batas waktu tinggal/visa) atau pelanggaran keimigrasian lainnya.

Aspek kehati-hatian dan ketelitian diharapkan dapat memperlancar perjalanan ibadah umroh kita semua. Pada akhirnya apapun usaha kita, hanya Allah yang akan menentukan segalanya. Hasbunallah wani’mal wakiil....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Brosur Umroh 2020

Program Umroh 2024

 Up Next - Program Umroh untuk tahun  2024 (Shafar1445H - Ramadhan 1445H)   12 January 2024 Umroh plus doha - Qatar      -private / closed 1...